Wx (Cuaca)
Halaman 1 dari 1
Wx (Cuaca)
Ketemu Lagi........
Dalam dunia Penerbangan Faktor yang sangat penting untuk diketahui oleh seorang Pilot sebelum menerbangan Pesawat yaitu Kondisi pesawat itu sendiri dan WX atau biasa kita sebut dengan Weather alias Cuaca. Cuaca merupakan kejadian alam yang berubah-ubah untuk itu sebelum terbang seorang Pilot harus mengetahui cuaca ditempat tujuan dan di Alternate atau Bandara Alternatif ada pun format dan apa isi informasi cuaca atau QAM (Quebeq Alfa Mike)
1.Address atau alamat tujuan kita mengunakan ICAO code contoh untuk mks (WAAA)
2.Time atau waktu kita mengunakan UTC atau Z (Zuluh) contoh dimakassar menunjukkan waktu 12:00 Wita pada format kita menggunakan (04:00 z)
3.Wind Direction and speed contoh (270/08) arti 270 Degree 08 kts
4.Visibility atau jarak pandang satuan m atau km (1000M/ 1KM)
5.Present Weather atau cuaca pada saat itu conto RA (Rain) TSRA (Thuenderstrom Rain), SLRA (Slight Rain), Fog, Mist dll
6.Cloud Base (Jenis awan dan ketinggian dasar awan) contoh Few 019 Berarti Few 1900Ft ada beberapa pembagian awan dilihat dari areal kita pada saat itu
6.1 Few 1/8-2/8, sct (scater) 3/8-4/8, bkn (Broken) 5/8-6/8, OVC (Overcast) 7/8-8/8 (8/8= 1 Oktas), dan ada juga yang diikuti few cb (Cb=Cumulusnimbu) Jenis awan.
7.Temperature/Due Point atau suhu dan titik embun 28/24 kalau 24/24 berarti akan hujan.
8. QNH atau jarak dari pesawat ke permukuan air laut satuan Mb (milibars) atau Inchg
9. QFE atau jarak dari pesawat kepermukaan landasan pacu (daratan)
QNH dan QFE menentukan ketinggian elevasi daratan terhadap air laut....karena setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda.
kenapa kita mengunakan permukaan air laut sebagai patokan........? saya kasih link untuk melihat apasih aviation weather anda bisa melihat....dan kalau gk tau bs bertanya....
http://aviationweather.gov/adds/tafs/index.php
atau citra sattelite Up date setiap setengah jam (Time Uses UTC or Z) kalian bs melihat kondisi awan dan ketebalan awan, ini yang setiap hari kami kerjakan sebelum memberi Briefing terhadap Pilot mengenai cuaca
http://www.bom.gov.au/products/IDX1374.shtml
Dalam dunia Penerbangan Faktor yang sangat penting untuk diketahui oleh seorang Pilot sebelum menerbangan Pesawat yaitu Kondisi pesawat itu sendiri dan WX atau biasa kita sebut dengan Weather alias Cuaca. Cuaca merupakan kejadian alam yang berubah-ubah untuk itu sebelum terbang seorang Pilot harus mengetahui cuaca ditempat tujuan dan di Alternate atau Bandara Alternatif ada pun format dan apa isi informasi cuaca atau QAM (Quebeq Alfa Mike)
1.Address atau alamat tujuan kita mengunakan ICAO code contoh untuk mks (WAAA)
2.Time atau waktu kita mengunakan UTC atau Z (Zuluh) contoh dimakassar menunjukkan waktu 12:00 Wita pada format kita menggunakan (04:00 z)
3.Wind Direction and speed contoh (270/08) arti 270 Degree 08 kts
4.Visibility atau jarak pandang satuan m atau km (1000M/ 1KM)
5.Present Weather atau cuaca pada saat itu conto RA (Rain) TSRA (Thuenderstrom Rain), SLRA (Slight Rain), Fog, Mist dll
6.Cloud Base (Jenis awan dan ketinggian dasar awan) contoh Few 019 Berarti Few 1900Ft ada beberapa pembagian awan dilihat dari areal kita pada saat itu
6.1 Few 1/8-2/8, sct (scater) 3/8-4/8, bkn (Broken) 5/8-6/8, OVC (Overcast) 7/8-8/8 (8/8= 1 Oktas), dan ada juga yang diikuti few cb (Cb=Cumulusnimbu) Jenis awan.
7.Temperature/Due Point atau suhu dan titik embun 28/24 kalau 24/24 berarti akan hujan.
8. QNH atau jarak dari pesawat ke permukuan air laut satuan Mb (milibars) atau Inchg
9. QFE atau jarak dari pesawat kepermukaan landasan pacu (daratan)
QNH dan QFE menentukan ketinggian elevasi daratan terhadap air laut....karena setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda.
kenapa kita mengunakan permukaan air laut sebagai patokan........? saya kasih link untuk melihat apasih aviation weather anda bisa melihat....dan kalau gk tau bs bertanya....
http://aviationweather.gov/adds/tafs/index.php
atau citra sattelite Up date setiap setengah jam (Time Uses UTC or Z) kalian bs melihat kondisi awan dan ketebalan awan, ini yang setiap hari kami kerjakan sebelum memberi Briefing terhadap Pilot mengenai cuaca
http://www.bom.gov.au/products/IDX1374.shtml
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|